Lulus KULIAH mau kemana..?

18/10/2007 17:29

Pelaksanaan ujian sidang tugas akhir sudah selesai. Sekarang ini mahasiswa BSI masih diliputi perasaan was-was, gundah gulana, galau (halah opo sih....), loh la iya to...la wong hasil ujiannya belum keluar. Nah sekarang berandai-andai yah...kalau misalnya sudah lulus terus mau kemana...hayoooo ? Mau sekolah lagi, atau bekerja atau jadi pengusaha atau.....mau jadi ibu rumah tangga saja :-). Semua itu adalah pilihan, dan semua pilihan pasti ada konsekuensinya. Tapi yang jelas pasti semua orang setelah lulus mau jadi orang yang SUKSES. Jangankan bagi yang kuliah, siapapun pasti ingin menjadi orang yang sukses. Tapi bagaimana pengaplikasiannya dalam proses menuju kesuksesan tersebut sangat berliku dan juga harus direalisasikan dengan penuh perjuangan.

Ada beberapa pilihan alternatif yang dapat diambil oleh mahasiswa selepas dari bangku kuliah. Yuk kita lihat satu persatu.

Melanjutkan Studi

Pilihan yang pertama ini mungkin tidak terlalu banyak yang memilih, karena biasanya pertimbangannya adalah masalah pendanaan. Lulusan diploma tiga, tentunya melanjutkan ke program Strata Satu (S1). Seperti yang kita ketahui masuk ke sekolah tinggi, universitas, maupun institut memerlukan biaya yang sangat besar. Agar dapat terus melanjutkan studi ke S1, untuk menyiasatinya berarti harus cari sekolah tinggi yang menawarkan beasiswa akademik. Salah satunya STMIK Nusa Mandiri Jakarta. Program beasiswa diberikan kepada lulusan dari AMIK Bina Sarana Informatika, karena kebetulan sekolah tinggi ini bekerja sama dengan BSI. Prosentase pemberian beasiswanya ditentukan dari masing-masing fakultas.

Menjadi Karyawan

Yup....menjadi karyawan atau pegawai merupakan dambaan hampir semua orang yang sudah lulus kuliah, terutama diploma. Kenapa ? katanya kan klo lulusan dari diploma tiga sudah siap pakai...karena materi kuliahnya juga sudah disiapkan oleh pihak kampus agar dapat langsung terjun ke dunia kerja. Untuk itu kampus BSI mempunyai program yang dapat dirasakan langsung oleh para alumnus, yaitu Bursa Kerja yang diwadahi oleh BSI Career Center. Kegiatan ini biasa dilaksanakan sebanyak dua kali dalam satu tahun. Dengan harapan para alumnus BSI tidak kesulitan mencari pekerjaan dan mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kompetensinya.

Pilihan yang lainnya bagi para alumnus yaitu dengan mengikuti ujian-ujian untuk menjadi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) dibanyak departemen maupun pemerintah daerah, karena menurut mereka selain banyak tunjangannya (maaf tidak bisa disebutkan satu persatu...saking banyaknya he3x) juga ada dana pensiun yang dapat diandalkan di hari tua nanti. Informasi penerimaan CPNS banyak disediakan dimedia-media internet, tinggal tanya saja sama si Om..Gugel. Atau bisa langsung buka alamat web masing-masing departeman. Sampai disini apakah sudah selesai? Tentu saja belum, mencari pekerjaan yang layak, yang sesuai dengan hasil dari pendidikan kita, tentu saja bukanlah hal yang mudah, banyak diantara para sarjana yang kemudian bekerja jauh dari bidang pendidikan yang diambilnya, tapi itu masih dikatakan beruntung coba lihat masih banyak lulusan lain yang  masih MENGANGGUR, jadi syukuri saja....bagi yang sudah bekerja.

Menjadi Pengusaha

That's the point ini dia pilihan yang terakhir dan terbaik (klo menurut saya loh...). Iya karena dengan menjadi pengusaha, kita dapat mengatur waktu bekerja..pagi siang sore malam...terserah deh pokoknya...bebas (yang punya perusahaan kalee..he3x). Tapi kan menjadi pengusaha gak gampang... perlu modal, wawasan luas, jaringan, dan harus paham kondisi pasar. Betul sekali boy...memang jadi pengusaha tidak semudah membalikan telapak tangan, tapi juga bukan sesuatu yang tidak mungkin. Sebenarnya modal yang paling besar dan harus dimiliki oleh calon pengusaha adalah KEMAUAN KUAT dan BERANI GAGAL. Nah...kira-kira modal ini sudah ada belum?

Materi Kuliah

Pencarian dengan StraitMAXMIN (Best CASE)

14/01/2013 18:57

Pencarian dengan BINARY SEARCH

10/01/2013 19:44

Teknik Sorting (Quick Sort)

02/01/2013 15:07

Teknik Sorting (Buble Sort)

12/12/2011 16:27

Teknik Sorting (Selection Sort)

10/12/2011 16:14

Game Logika (pert-2)

27/09/2011 20:04

Game Logika (part-1)

27/09/2011 19:10

Struktur Dasar Algoritma

01/02/2011 10:54

Apakah Algoritma itu...?

01/02/2011 09:21